Trik Jitu Cara Memilih Batik Model Teranyar

batik kerenBatik merupakan jenis pakaian tradisional yang memiliki sejarah panjang. Bahkan batik sudah ada sejak zaman kolonial. Perkembangan batik terus mengalami kemajuan dari masa ke masanya. Pada awalnya pemakai batik hanya kalangan tertentu. Mereka yang memakai batik hanyalah dari kalangan kelas atas atau bangsawan. Waktu memakai batik juga hanya pada saat tertentu saja seperti upacara kerajaan, pernikahan atau sunatan. Karenanya batik sangat “disakralkan”.

Beruntung sekarang batik sudah memasyarakat. Artinya pemakai batik tak hanya didominasi oleh kalangan bangsawan saja melainkan juga dipakai kalangan menengah-bawah bahkan proletar. Soal tempat dan waktu, penggunaan batik juga sudah mengalami perluasan yang signifikan yang mana batik tidak hanya digunakan di acara-acara penting namun juga pada keseharian.

Perkembangan desain dan model batik juga semakin masif. Di pasaran terdapat banyak sekali model/ ragam batik yang sangat menarik. Makanya diperlukan pengetahuan atau cara untuk memilih model batik terbaru di pasaran yang harus Anda beli. Berikut merupakan beberapa cara tersebut.

Pilihlah warna batik yang sesuai dengan warna kulit

Beruntung bila Anda memiliki warna kulit cerah atau kuning langsat karena warna batik apapun akan mudah dimatchkan dengan tubuh Anda. Misalnya, warna terang atau gelap. Tapi untuk Anda yang kebetulan memiliki warna kulit eksotis cenderung gelap harus tepat dalam memilih warna baju batik yang akan dipakai. Anda bisa mencoba memakai warna batik cokelat atau krem. Usahakan tidak memilih baju batik yang warnanya cerah karena akan terlihat numpang.

Meskipun begitu penting kiranya sekalipun Anda memiliki warna kulit cerah atau putih supaya tidak membeli batik yang warnanya terlalu cerah atau terang.

Pilihlah batik yang berkualitas

Pepatah lama mengatakan kalau, “harga itu memang tak pernah bohong”. Pepatah tersebut daopat diimplementasikan ketika membeli batik. Faktor pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika memilih batik ialah kualitasnya, bukan harganya. Tak apalah berkorban mengeluarkan isi dompet agak dalam untuk mendapatkan kualitas batik yang sangat terjamin.

Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Bersyukurlah bagi Anda yang kebetulan memiliki bentuk tubuh yang langsing karena dipastikan ada banyak model batik yang bisa dipakai. Tapi bagi yang bertubuh gemuk harus pandai memilih corak baju supaya ketika dipakai tidak lantas terlihat tambah gemuk. Sebaliknya Anda harus menggunakan batik yang akan membuat tubuh terlihat lebih langsing. Anda bisa memilih jenis batik yang ukurannya tidak terlalu besar dan warnanya kalem—tidak terlalu ramai.

Pilihlah model yang elegan

Sederhana itu bukan berarti murahan. Hal itu bisa diterapkan ketika Anda mau memilih batik. Tak ada salahnya memilih motif batik yang sederhana, simpel, yang justru akan memberikan kesan elegan dan mewah.

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika Anda akan membeli baju batik.

Leave a Comment