Tips untuk Anda Para Wanita Berhijab

hijab styleBerhijab itu pilihan. Bagi Anda yang telah memutuskan berhijab, maka berhijablah secara paripurna dan sesuai dengan aturan syar’i. Di era kini, berhijab bukan hanya menutupi aurat namun juga ada kaidah fashionnya. Setiap wanita berhijab boleh mengikuti perkembangan tren hijab asalkan tidak melanggar peraturan syariat. Karena agama sangatlahg memudahkan umatnya, bukan malah mempersulitnya termasuk dalam hal berhijab.

Nah, berikut ini merupakan tips berhijab yang sesuai dengan perkembangan fashion tanpa melanggar ketentuan syar’i.

Memilih Jenis Hijab

Tentu ada pilihan-pilihan jenis hijab untuk ke pengajian, kantor, belanja, arisan atau ke tempat kawinan. Jangan sembarangan menggunakan hijab yang tidak sesuai dengan tempatnya. Pergi ke tempat pengajian misalnya, Anda bisa menggunakan hijab dengan warna kalem dan tanpa aksesoris yang menonjol dan dapat mengganggu aktifitas ibu-ibu pengajian lainnya. Berbeda dengan ketika Anda pergi ke kampus atau mall, silakan menggunakan hijab yang trendi dengan warna mencolok dan aksesoris yang dikiranya enak dilihat.

Bahan Hijab

Bahan hijab juga sangat penting diperhatikan. Saat ini ada banyak sekali bahan hijab seperti polyster, kaos, jersey, lycra, katun, pashmir, sutera dan syfon. Kesemua bahan hijab tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pilihlah bahan hijab yang nyaman dan dapat menyerap keringat seperti spandex atau katun. Karena berhijab akan membuat tubuh menjadi gerah sehingga sangat penting menggunakan hijab berbahan ringan yang dapat menyerap keringat.

Hindarilah menggunakan hijab yang berbahan mudah kusut, yang rigid dalam perawatannya dan mudah sekali luntur. Seperti hijab berbahan sutera. Okelah memakai hijab berbahan sutera sekadar untuk mendatangi acara-acara private untuk menaikkan citra Anda sebagai wanita muslim berkelas. Namun jangan sampai keterusan menggunakan hijab berbahan sutera karena sulit dalam perawatannya.

Undercaps

Bagi para pengguna hijab tentu sudah tak asing lagi dengan undercaps atau dalaman hijab. Yang disebut undercaps ini bisa berupa bandana, ciput atau ninja. Undercaps akan membuat penampilan di bagian kepala terlihat lebih rapi. Undercaps berfungsi untuk “mengamankan” rambut supaya tidak mudah tergerai ketika sedang menggunaka hijab. Si penggunanya akan dengan mudahnya mengkreasikan hijabnya dengan berbagai gaya.

Jangan dikira undercaps peranannya hanya untuk “mengamankan” rambut. Karena undercaps sangat berperan dalam membuat rapi penampilan hijab Anda terutama di bagian atas, maka pilihlah bahan undercaps yang berbahan nyaman dan sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Sesuaikan dengan Wajah

Sebelum membeli atau memakai hijab sebaiknya Anda mengamati dulu bentuk wajah apakah oval, bulat atau lonjong. Setelah itu, sesuaikan model hijab dengan bentuk wajah Anda. Misalnya saja, bila bentuk wajah Anda kategori lonjong maka akan sangat pas bila Anda menggunakan hijab bergaya Turki.

Penggunaan Aksesoris

Untuk menyempurnakan penampilan berhijab Anda, lengkapilah dengan pemakaian aksesoris. Ada banyak pilihan aksesoris yang bisa dipilih seperti bros atau peniti. Pilihlah aksesoris yang memiliki warna kontras dengan hijab yang dikenakan supaya mana hijab dan mana aksesoris terlihat dengan jelas.

So, Anda berhijab? Lakukanlah tips-tips diatas untuk menambah kemodisan Anda dalam berhijab.

Leave a Comment