Tips Menyimpan Sepatu Kesayangan Supaya Awet

rak sepatuSalah satu properti yang sangat disayang oleh para wanita ialah sepatu. Tak heran memang karena sepatu merupakan salah satu penunjang penampilan. Coba bayangkan, seorang wanita yang atasannya menggunakan baju dan celana bermerk dengan harga selangit namun tidak beralas kaki. Elokkah? Kerenkah penampilannya? Yang ada malah akan ditertawakan oleh setiap orang yang melihatnya. Masa iya beli pakaian mahal kuat, cuma beli alas kaki tidak sanggup? Kan keterlaluan.

Disitulah pentingnya sepatu yang di era modern ini tidak hanya fungsinya semata sebagai pelindung kaki yang utama, melainkan juga sebagai bagian dari fashion. Betul, sepatu sekarang sangatlah penting untuk menunjang penampilan seseorang. Coba perhatikan sepatunya para pesohor seperti pejabat, pengusaha, pengacara bahkan artis yang seolah berlomba untuk membeli sepatu kinclong berharga jutaan rupiah.

Jangan mereka yang terkenal itu, malah Anda sendiri memiliki sepatu mahal dan karenanya sangat disayang! Kalau begitu, Anda wajib tahu cara merawat sepatu dengan baik biar awet. Salah satu cara merawat sepatu ialah memperhatikan bagaimana cara menyimpannya. Silakan disimak tips menyimpan sepatu yang benar berikut ini.

Rak khusus

Bila Anda termasuk orang yang sudah terkena sindrom “sepatumik” maka sudah sepantasnya memiliki rak sepatu khusus. Koleksi sepatu Anda yang sudah mencapai belasan harus memiliki “rumahnya” sendiri sudah tidak dimakan rayap, dimasuki tikus atau kodok. Jangan sampai sepatu kesayangan toh jadi kandang tikus.

Bila memungkinkan Anda dapat membuat rak sepatunya sendiri dari kayu. Tak perlu bagus-bagus sing penting cukup untuk menyimpan koleksi sepatu Anda yang kian banyak. Dengan begitu, yakinlah Anda akan tersadarkan sendiri suatu ketika melihat koleksi sepatu yang begitu banyak dan eye-catching berderet rapi di rak khusus tersebut.

Lemari khusus

Selain rak, bila koleksi sepatu kian menumpuk sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk membuat lemari khusus untuk menyimpan sepatu. Beberapa artis tanah air yang koleksi sepatunya sangat banyak mereka menyimpan sepatunya di lemari khusus. Masuk akal memang karena sepatu bagi mereka aset untuk menunjang performancenya. Makanya mereka memperlakukan sepatu secara spesial. Lemari dijadikan tempat menyimpan sepatu-sepatunya seperti pakaian.

Bila Anda juga sudah mempunyai koleksi sepatu yang banyak tak ada salahnya memiliki lemari khusus untuk menyimpan sepatu. Yang harus diperhatikan ialah lemarinya tersebut harus yang memiliki ventilasi untuk meminimalisir koleksi sepatu Anda cepat lembab dan berbau. Lemari biasanya digunakan untuk menyimpan sepatu yang berbahan kulit.

Gel

Bila Anda bepergian dan terpaksa harus memasukkan sepatu ke dalam plastik atau kotak untuk penyimpanannya supaya mudah dibawa kemanapun, sebaiknya Anda mulai mengenal gel silika yang bisa menjaga sepatu supaya tidak cepat lembab. Manfaat gel ini juga sangat efektif untuk mencegah cepatnya kerusakan.

Bersihkan secara rutin

Untuk menjaga keawetan sepatu, bersihkanlah secara rutin dari debu-debu terutama bila disimpan dalam jangka waktu lama. Karena bila tidak segera dibersihkan akan membuat sepatu berwarna kusam dan warnanya tidak mengkilat lagi. So, membersihkan secara rutin harus dilakukan supaya sepatunya awet.