Perhatikan Cara-cara Supaya Tak Tertipu Ketika Belanja Online

penipu onlineKemudahan yang diberikan teknologi telah menciptakan revolusi di berbagai sisi kehidupan manusia, salah satunya dengan kemunculan bisnis online. Tak pelak, tentu saja, semakin banyak orang yang melirik jenis bisnis ini karena dianggap lebih mudah dijalankan dan murah dalam operasionalnya. Pun di lain sisi, kehadiran teknologi yang serba memudahkan terutama untuk kegiatan bisnis juga kerap kali dimanfaatkan “garong digital” untuk meraup keuntungan dengan cara menipu.

So, bagaimana supaya tidak terjebak dalam lingkup bisnis para garong digital tersebut? berikut merupakan tips-tips jitunya supaya Anda tidak lagi tertipu oleh para penipu online yang memang tidak mudah dideteksi secara kasat mata.

  1. Risetlah situs tempat Anda belanja

Bila Anda sedang menjelajah dunia maya untuk menemukan berbagai barang kesukaan—biasanya kalau cewek yang paling sering dicari ialah produk-produk fashion—sehingga sampailah pada situs yang menjual barang yang sedang dicari tersebut, ingat jangan langsung membelinya. Alangkah lebih baiknya kalau Anda menelitinya terlebih dahulu karena sekilas situs penipu dan terpercaya sungguh tak ada bedanya.

Caranya? Ada banyak cara. Pertama, bukalah www.polisionline.com untuk memastikan apakah situs yang Anda incar tersebut termasuk toko terpercaya atau toko penipu. Caranya tinggal ketikkan saja nama situs tersebut di laman search situs polisi online maka akan muncul hasilnya. Kalau situs yang Anda incar termasuk situs penipu ya sudah tinggalkan saja.

Kedua, coba hubungi nomor telepon atau ym-nya, serta cek juga alamat yang tertera di webnya. Kalau mudah dihubungi, berarti ada indikasi situs tersebut bisa dipercaya. Eits, jangan senang dulu, karena sebaiknya verifikasi lebih jauh dengan cara yang ketiga yakni mengetikkan nama situs di mesin pencari Google atau Yahoo.

Biasanya situs penipu akan mendapatkan feedback yang jelek dari para konsumennya dan datanya mudah sekali terekam mesin pencari.

  1. Mencurigai harga

Maksudnya Anda jangan senang dulu ketika menemukan produk branded namun di situs tersebut dijual dengan harga super murah. Karena ada dua kemungkinan, pertama, situs itu penipu. Dan kedua, bisa jadi juga situs itu menjual barang-barang branded berharga murah namun kualitasnya sudah jelek/ cacat.

  1. Waspadai penaawaran harga murah dari email marketing

Seberapa seringkah Anda mendapatkan email penawaran suatu produk dengan harga jauh dibawah pasaran? Bila sering maka Anda sebaiknya waspada tingkat tinggi. Karena bisa jadi hal itu dilakukan oleh spammer. Bila mendapatkan email marketing apalagi yang dibumbui dengan rayuan segera cek website yang bersangkutan untuk memastikan informasi yang disampaikan via isi email tersebut.

  1. Pertimbangkan cara pembayaran

Usahakanlah Anda melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit karena bila ada hal-hal yang merugikan Anda punya bukti kuat. Problem tersebut misalnya barang yang tidak diantarkan atau adanya perbedaan barang antara yang di situs dengan yang diantarkan.

Meski begitu, meski kartu kredit sangat memudahkan dan bisa dijadikan bukti kuat, karena banyak terjadi pencurian data kartu kredit Andapun sangat boleh mempertimbangkan instrumen pembayaran yang lain seperti dengan Paypal, cash on delivery (COD) atau transfer kirim.

  1. Simpanlah bukti transaksi

Sesusah selesai mentransfer jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksinya serta berbagai data yang terkait dengan proses transaksi yang Anda lakukan. Hal tersebut bisa dijadikan instrumen bukti bila di kemudian hari terjadi hal-hal yang merugikan.

Itulah beberapa cara supaya lebih aman dalam bertransaksi secara online. Bila Anda konsisten menjalankan cara-cara diatas kemungkinan besar bisa terhindar dari penipun online.



 

Leave a Comment