Pakaianmu, Cermin Kepribadianmu

Siapa sih yang tak ingin tampil cantik dan gagah ? Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua pasti ingin tampil sebaik mungkin. Di zaman yang serba ada sekarang rasanya tak susah mendapatkan semua atribut pakaian. Mulai dari pakaian, perlengkapan, aksesoris semua tersedia di depan mata. Mulai dari harga yang terjangkau hingga yang cukup menguras kantong. Mulai dari merk lokal hingga merk luar.
Namun, terkadang orang lupa memilih pakaian dan aksesorisnya hanya mengikuti tren semata. Model yang sedang tren langsung saja dipakai padahal belum tentu model pakaian tersebut sesuai dengan bentuk tubuh, bahkan kepribadiannya. Padahal ada tujuan dari setiap pakaian yang kita kenakan. Siapa kita, status sosial, tingkat pendidikan, selera terhadap sesuatu. Dengan pakaian kita bisa menampilkan jati diri yang sebenarnya.
Agar tidak salah kostum, berikut beberapa point yang harus diperhatikan sebelum memilih model pakaian :
1. Lihat Tempat
Ini point penting karena salah kostum bisa membuat Anda jadi pusat perhatian, dalam arti negatif. Sesuaikan pakaian dengan tempat dimana Anda berada, kantor, rumah, tempat rekreasi, dll. Pakaian untuk bekerja tentu harus resmi, berbeda dengan pakaian untuk santai. Jangan sampai acara Anda gagal karena salah kostum. Coba bayangkan jika dalam acara seminar dengan dress code resmi Anda hanya mengenakan celana jeans dan kaos.

2. Bentuk Tubuh dan Usia
Fisik yang sempurna adalah anugerah. Namun tak semua orang memiliki fisik bak peragawati atau foto model. Anda harus pintar menyesuaikan pakaian dengan bentuk fisik. Jika bentuk tubuh Anda :
~ Pendek, jangan kenakan pakaian yang terlalu lebar, corak yang terlalu ramai, lebih aman pilih warna hitam karena memberi kesan langsing, hindari celana dengan ujung mengecil ke bawah, pilih bahan yang tipis.
~ Tinggi / Kurus : Hindari motif terlalu ramai, terlalu ketat karena akan memperlihatkan bentuk tubuh, pilih warna cerah karena akan menimbulkan efek semangat dan ceria.
~ Gemuk : Pilih bahan yang lembut, jangan terlalu ketat, jangan mengkilat dan bergaris vertikal

3. Cuaca oh Cuaca
Indonesia mempunyai dua macam musim, lain pula di luar negeri yang empat musim. Jika musim panas kenakan pakaian yang terbuat dari bahan tipis, menyerap keringat, dan tidak tebal. Lain halnya ketika musim hujan, kenakan pakain yang tebal untuk melindungi Anda dari udara buruk.

4. Sifat
Ada pepatah yang mengatakan bahwa pakaian adalah cermin kepribadianmu. Hal ini benar adanya. Pakaian yang terbuka dan seksi menyiratkan pribadi yang terbuka, bebas dan up to date fashion. Pakaian yang sopan dan cenderung tertutup biasanya menyiratkan pribadi yang bersahaja, cenderung introvert, dan pendiam.

5. Nyamankah ?
Sebaik dan semahal apapun pakaian yang Anda kenakan tak ada gunanya jika tak nyaman dikenakan. Coba bayangkan jika sepanjang kegiatan atau perjalanan Anda sibuk membenarkan pakaian yang naik turun, pakaian terlalu sempit atau terlalu kedodoran. Kenakan pakaian yang membuat Anda merasa rileks, tanpa takut pandangan orang di jalan. Pakaian yang nyaman akan membuat hati nyaman juga ketika menjalankan kegiatan.
Kenakan pakaian yang sesuai dengan kepribadian. Bukan orang lain yang menentukan busana yang bagaimana yang cocok untuk Anda. Andalah pemegang keputusan pakaian jenis dan model apa yang pantas untuk Anda. Branding your self with fashion 🙂