Great Sale oh Great Sale

Anda suka pesta diskon ? Begitu juga saya. Pesta diskon tahunan yang sering disebut Great Sale sering ditunggu – tunggu para penggila fashion. Pesta yang diikuti oleh pemilik merk lokal maupun luar negeri menjadi acara tahunan yang spektakuler. Bertepatan dengan libur panjang, Natal dan akhir tahun Great Sale sering dijadikan ajang perburuan merk – merk luar yang dibandrol dengan harga miring, bahkan nyaris tumbang.
Great Sale memang menggoda iman. Bagaimana tidak, merk – merk yang selama ini harganya sanggup menguras isi kantong dan kartu kredit nyaris tumbang di level diskon hingga mencapai 75 %. Sepatu, pakaian hingga aksesorisnya yang sangat menarik terkadang membuat orang kalap ketika berbelanja.
Suasana ruangan yang ber-AC pun terkadang tak mampu menghilangkan keringat antusias pengunjung yang kalap seakan-akan ingin membawa semua isi ruangan ke rumah. Tak peduli saling berdesak-desakan, tak peduli tangan yang tak sanggup lagi membawa tentengan, bahkan tak peduli sudah berapa kartu kredit dan debit yang tergesek. Semua seolah-olah hilang, yang ada hanya pikiran bagaimana caranya belanja sepuas-puasnya.
Hal inilah yang kadang dilupakan orang. Suasana yang gaduh, saling teriak dan berebut produk sering membuat orang lupa. Mau tahu bagaimana belanja Great Sale tanpa sesal ?
1. Untung vs Rugi
Anda tahu kapan jadwal rutin Great Sale. So, jauh-jauh hari buat daftar untung dan ruginya belanja di Great Sale. Pakai logika ya jangan hanya perasaan

2. Intip lemari
Lemarih besar bahkan sampai nggak muat dan Anda masih ingin belanja ? Aduh, yuk luangkan waktu untuk mengintip apa saja sih isi lemari pakaian anda? Siapkan deh kertas dan pulpen untuk mencatat berapa jumlah dari masing-masing jenis pakaian. Jika ada pakaian yang jarang dipakai, bahkan ada noda/garis coklat, segera singkirkan. Baju yang sudah tidak relevan dengan perkembangan fashion segera turunkan juga. Yakin deh setelah proses mengintip lemari Anda langsung kosong.

3. Catat dan Catat
Setelah proses mengintip selesai, catat jenis pakaian mana saja yang ingin Anda beli sebagai pengganti baju yang rusak atau yang tidak up to date. Ingat ya, dalam proses mencatat ini tetap berada pada jalur sadar.

4. Kebutuhan vs Keinginan
Jika menuruti nafsu, apa yang Anda lihat pasti dibeli semua. Namun, konsisten lah dengan catatan hasil investigasi Anda. Tetap pada jalur catatan baju apa yang Anda butuhkan, bukan yang diinginkan.

5. Happy Shopping

Pernah terpikir kalau Great Sale bisa menjadi ajang melatih kesabaran Anda ? Jika belum terpikirkan, kenapa tidak Anda coba ? Pesta diskon selalu membuat lapar mata, inilah waktunya Anda belajar me-manage nafsu belanja Anda. Gunakan ajang pesta diskon sebagai Me Time untuk me-recharge perasaan.
Yakinlah, ketika Anda mampu menahan nafsu gila belanja, Anda akan merasakan ada sensasi luar biasa. Jadilah shopper yang bijaksana dengan belanja cerdas.