Cara Praktis Merawat Baju Berbahan Rajut

baju rajutBila pada awalnya kehadiran rajut digunakan untuk menghangatkan tubuh, seiring dengan perkembangan di dunia fashion, baju rajut juga merupakan salah satu jenis tren fashion. Pemakai baju rajut bukan hanya wanita yang tinggal di negara-negara bersuhu dingin melainkan juga tersebar ke seluruh dunia, termasuk wanita-wanita yang berada di negara tropis maupun panas. Hal itu terjadi karena baju rajut tidak lagi dipakai berdasarkan fungsinya melainkan untuk mengikuti tren perkembangan fashion.

Para wanita yang menggunakan baju rajut nampak terlihat cantik dan modis. Banyak desainer yang menganggap bahwa baju rajut dapat menambah kesan elegan dan cantik bagi si pemakainya. Karenanya itu, semakin banyak wanita yang kesrengsem menggunakan baju jenis rajut. Namun begitu, jangan mentang-mentang sedang suka memakai baju rajut lantas Anda memakainya terus-menerus tanpa tahu perawatannya seperti apa.

Makanya bila Anda sedang gemar-gemarnya menggunakan baju rajut, harap diperhatikan bagaimana cara merawatnya supaya meskipun dipakai terus bajunya tidak cepat pudar bahkan rusak. So, bagaimanakah merawat baju rajut yang dibenarkan? Berikut merupakan tipsnya.

Mencuci Baju

Sudah pasti baju rajutpun harus dicuci supaya tidak kusam dan kotor. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika mencuci baju rajut. Mencuci rajut harus menggunakan air dingin dan dibilas menggunakan tangan. Harap dihindari mencuci rajut dengan menggunakan mesin cuci dan air panas karena bukannya membuat bersih yang terjadi malah sebaliknya, bisa membuat baju kesayangan Anda cepat rusak.

Ketika mencuci, Anda juga wajib memisahkan mana baju rajutan dengan baju biasa jangan disatukan.

Seterika

Dalam menyeterika baju jenis rajutpun ada tekniknya tersendiri. Usahakan tidak menyeterika baju rajut menggunakan seterikaan dengan suhu yang terlalu panas. Suhu seterikaan yang terlalu panas bukan membuat baju rajut menjadi rapi malah sebaliknya akan membuatnya menjadi pudar dan cepat rusak. Bukan hanya itu, suhu yang terlalu panas juga akan membuat bahan rajutannya menyusut.

Menjemur Baju

Ketika menjemur baju usahakan supaya tidak terkena sinar matahari langsung karena malah akan membuat warnanya menjadi pudar. Anda cukup menjemurnya di tempat terbuka seperti di belakang rumah namun tidak tersorot sinar matahari secara langsung. Makanya setelah dicuci pakai tangan disarankan dikeringkan dulu menggunakan mesin cuci. Perhatian: mesin cuci hanya digunakan untuk mengeringkan saja.

Benang Putus

Salah satu risiko baju rajut ialah putus benang rajutnya. Nah, ketika salah satu benang rajutnya putus jangan sampai dicabut. Cukup disematkan saja ke rajutan yang lain dengan menggunakan jarum.

Menyimpan

Ketika menyimpan di lemari juga ada triknya. Jangan menggantung baju rajut di dalam lemari supaya baju tetap awet. Tapi lipatlah dengan rapi dan simpanlah didalam lemari dengan suhu yang tidak terlalu lembab untuk menjadi keawetan baju. Supaya tidak bau apek, gunakan kamper.

Itulah beberapa tips merawat baju rajut supaya warnanya tidak pudar dan tetap awet.

Leave a Comment